Friday, March 6, 2009

BBCode

apa itu BBCode??
BBCode adalah implementasi khusus dari HTML. Boleh tidaknya penggunaan BBCode dalam posting kamu di forum ditentukan oleh Administrator. Selain itu, kamu juga bisa mematikan BBCode untuk setiap postingan. BBCode mirip dengan HTML, tag diapit oleh kurung siku [ dan ], bukan <> juga memberikan kontrol yang lebih besar untuk apa dan bagaimana tampilan yang diinginkan.

Bagaimana membuat teks tebal, huruf miring, dan garis bawah
BBCode menyediakan tag-tag yang membuat kamu dengan cepat mengganti model teks. Hal ini dicapai dengan cara berikut:
  • Untuk membuat suatu bagian teks menjadi tebal, apit dengan [b][/b] contohnya

    [b]Halo[/b]

    akan menjadi Halo.
  • Untuk memberikan garis bawah, gunakan [u][/u], sebagai contoh:

    [u]Selamat Pagi[/u]

    akan menjadi Selamat Pagi
  • Untuk membuat huruf miring (italic), gunakan [i][/i], contohnya

    Ini [i]Luar Biasa![/i]

    akan menghasilkan Ini Luar Biasa!

Bagaimana mengganti warna atau besar teks
Untuk mengganti warna atau besar teks, tag berikut dapat digunakan. Harap diingat bahwa tampilan akan tergantung dengan browser dan sistem yang Anda gunakan:
  • Mengganti warna teks dilakukan dengan mengapit teks dengan [color=][/color]. Anda dapat menggunakan nama warna - dalam bahasa Inggris (misalnya red, blue, yellow, dll) atau alternatif triplet nilai warna heksadesimal, misalnya #FFFFFF, #000000. Sebagai contoh, untuk menghasilkan warna teks merah, Anda dapat menulis:

    [color=red]Halo![/color]

    atau

    [color=#FF0000]Halo![/color]

    yang keduanya akan menghasilkan Halo!
  • Mengubah besar teks dapat dilakukan dengan cara yang serupa dengan menggunakan [size=][/size]. Tag ini tergantung pada template yang Anda gunakan, tapi dianjurkan untuk menggunakan nilai numerik yang menunjukkan ukuran teks dalam pixel, dimulai dari 1 (sangat kecil hingga tidak akan bisa dilihat) hingga 29 (sangat besar). Contohnya:

    [size=9]KECIL[/size]

    menghasilkan KECIL

    sedangkan:

    [size=24]BESAR![/size]

    akan menghasilkan BESAR!

Link ke situs lain
BBCode phpBB menyediakan berbagai cara untuk membuat URI, Uniform Resource Indicators atau lebih dikenal dengan URL.
  • Metode pertama menggunakan tag [url=][/url], apapun yang ditulis setelah tanda = akan berfungsi sebagai URL. Contohnya, untuk membuat link ke phpBB.com, ketik:

    [url=http://www.phpbb.com/]Kunjungi phpBB![/url]

    yang akan menghasilkan, Kunjungi phpBB! Anda akan melihat bahwa link terbuka di window lain sehingga user dapat melanjutkan browsing di forum sesuai keinginannya.
  • Jika Anda ingin menampilkan alamat URL sendiri sebagai teks untuk link, gunakan:

    [url]http://www.phpbb.com/[/url]

    Ini akan menghasilkan link, http://www.phpbb.com/
  • Tambahan lainnya, phpBB memiliki fitur yang disebut Magic Links, yang akan membuat semua yang valid sebagai URL ditampilkan sebagai link tanpa harus dibuatkan tag secara khusus, atau bahkan http://. Contoh, menulis www.phpbb.com dalam pesan Anda secara otomatis akan menghasilkan www.phpbb.com sewaktu pesan ditampilkan.
  • Hal yang sama terjadi pada alamat email. Anda dapat secara explicit menulis:

    [email]no.one@domain.adr[/email]

    yang akan menghasilkan no.one@domain.adr atau dapat langsung menuliskan no.one@domain.adr pada isi pesan yang selanjutnya akan otomatis dikonversi sewaktu dilihat.
Seperti tag BBCode lainnya, URL dapat mengapit tag lain seperti [img][/img] (lihat bagian selanjutnya), [b][/b], dll. Seperti juga tag lain, Anda bertanggung jawab untuk membuka dan menutup tag dengan benar. Contoh:

[url=http://www.phpbb.com/][img]http://www.phpbb.com/images/phplogo.gif[/url][/img]

tidak tepat dan dapat menyebabkan pesan Anda dapat dihapus. Jadi berhati-hatilah.


Menambahkan gambar pada isi pesan
BBCode phpBB menggunakan suatu tag untuk menampilkan gambar pada posting Anda. Dua hal sangat penting yang harus diingat waktu menggunakan tag ini adalah; banyak user yang tidak senang terlalu banyak gambar pada pesan dan kedua, gambar yang Anda masukkan harus tersedia di internet (gambar ini tidak boleh hanya tersedia pada komputer Anda sendiri contohnya, kecuali jika Anda menjalankan webserver sendiri!). Saat ini tidak tersedia fasilitas untuk menyimpan gambar secara lokal di phpBB (semua masalah ini diharapkan akan diselesaikan pada rilis selanjutnya dari phpBB). Untuk menampilkan gambar, Anda harus mengapit URL yang mengarah ke gambar tersebut dengan tag [img][/img]. Contohnya

[img]http://www.phpbb.com/images/mainlogo.gif[/img]

Seperti telah dijelaskan pada bagian URL di atas, Anda dapat mengapit gambar dengan tag [url][/url] jika diinginkan,


http://astacala.org


1 comment:

Anonymous said...

Terima kasih tuk infonya