Saturday, September 6, 2008

puasa

masih seputar bulan suci ramadhan,

Puasa.
Puasa dalam agama Islam artinya menahan diri dari makan dan minum dan dari segala perbuatan yang dapat membatalkan puasa, mulai dari terbit fajar hinggalah terbenam matahari, untuk meningkatkan ketakwaan seorang muslim.

seperti apa yg di katakan di atas, bahwa puasa adalah menahan diri dari makan, minum dan dari segala perbuatan yang dapat membatalkan puasa.
ya, mungkin kita semua bisa menahan makan dan minum, aku percaya tidak ada orang mati karena tidak makan satu hari, apalagi cuma sekitar 14 jam.
tapi yang jadi masalah sekarang adalah, bisa gak kita puasa pikiran??
karena menurut aku puasa tidak hanya menahan makan dan minum saja, tapi pikiran kita juga harus di-puasa-kan. Puasa dari apa?
Puasa dari pikiran² jelek, kotor, dll.

Ramadhan sebelum ini aku ngerasa susah banget kalo disuruh muasain pikiran.
lagi puasa, pikiran kemana-mana, cewek lah, bokep lah, ngomongin orang lah, emosi lah...
ya, itu semua yang harus kita jaga.pikiran kita.
masalah cewek, bokep, mungkin kita bisa atasi.
tapi ngomongin orang, emosi, marah, itu yang susah.mungin maksut aku bukan marah yang gede, tapi marah dikit aja ga boleh, udah ngurangin pahala puasa.

kalo kata orang si mendingan tidur, dengan tidur kita tidak berbuat yang aneh²..karena tidur dibawah alam sadar kita. tapi masa puasa mau tidur doank???

o iya, puasa juga jangan dijadikan alasan untuk tidak beraktifitas seperti biasa,,
lemas pasti, tapi tetap tersenyum, kerjakan apa yang biasa kita kerjakan, tapi mungkin kadarnya lebih sedikit...

yuk, belajar bareng biar puasa kita ga cuma nahan makan minum, tapi puasa bener² seperti apa yang di ajarkan Islam kepada kita^^

kalo kata aku, senyum, sering istigfar, bersyukur.itu kuncinya.

sekali lagi, kalo ada salah, itu datengnya dari aku,kalo ada kebenaran itu datengnya dari Alloh SWT.

makasih,
_________LaKoNe

No comments: